Konsep Dasar Teori Humanistik Eksistensial

a. Munculnya masalah atau gangguan

Fokus masalah dalam humanistic eksistensial adalah ketika individu merasa sendiri di dunia dan merasa terisolasi, dari perasaan subjektif itulah yang akan memunculkan masalah.

b. Tujuan terapi

Bugental (dalam Corey, 2009) mengidentifikasi 3 tugas pokok terapi yaitu membantu klien dalam mengenali bahwa mereka tidak sepenuhnya hadir dalam proses terapi dan melihat bagaimanapola tersebut dapat membatasi mereka keluar dari terapi, mendukung klien dalam menghadapi kecemasan-kecemasan bahwa mereka telah sangat lama menghindar, dan menolong klien menemukan kembali dirinya dan dunianya dalam jalan yang memelihara keaslian kontak dengan hidup yang lebih besar.

c. Peran terapis

Tugas pokok terapis dalam eksistensial terapi adalah fokus memahami dunia klien untuk dapat membantu mereka mendapatkan pemahaman dan pilihan-pilihan yang baru. Terapis juga harus fokus pada penghindaran klien terhadap tangggung jawab; mereka mengundang klien untuk menerima tanggung jawab personal.

d. Teknik-teknik

Dalam humanistic eksistensial, terapinya tidak sama dengan terapi lain yang menekankan pad teknik, terapi eksistensial ini tidak menekankan teknik tetapi memprioritaskan pemahaman terhadap dunia klien.

Sumber:

Corey, G. (2009). Theory and practice of counseling and psychotherapy. 8th eds. Belmont: Thomson Higher Education

Tinggalkan komentar