RESENSI BUKU: Perjalanan Menegangkan Gulliver Tersesat di Negeri Liliput dan Negeri Raksasa

A. Identitas Buku

gullivers-travels-cover-narasi

  1. Judul                           : Gulliver’s Travels, Perjalanan Gulliver ke Negeri Liliput dan  Negeri Brobdingnag
  2. Pengarang                   : Jonathan Swift
  3. Penerbit                       : Narasi
  4. Tahun Terbit                : cetakan pertama 2007
  5. Tebal Halaman            : 127 halaman

B. Pembukaan

Buku Gulliver’s Travels, Perjalanan Gulliver ke Negeri Liliput dan Negeri Brobdingnag adalah buku terjemahan asal Inggirs yang merupakan karya penulis bernama Jonathan Swift. Jonathan Swift lahir di Dublin, Irlandia pada tanggal 30 November 1667. Ia pernah belajar di Universitas Trinity, Dublin. Setelah lulus, ia manjadi sekretaris seorang politisi bernama Sir William Temple. Kemudian ia menjadi pastor pada tahun 1694 lalu pindah ke Inggris pada tahun 1702. Buku pertamanya terbit pada 1704 dan pada tahun 1710 ia menjadi editor jurnal politik The Examiner. Buku Swift yang paling terkenal adalah Gulliver’s Travels, yang menceritakan perjalanan Lemuer Gullivers yang tersesat di empat negeri. Namun yang diterjemahkan dalam buku ini hanyalah dua perjalanan yaitu perjalanan di negeri liliput dan negeri brobdingnag. Perjalanan Gullivers ini sangat terkenal dan dibicarakan banyak orang. Swift sendiri adalah penggemar politik yang menggunakan fiksi dan satir untuk menarik perhatian terhadap masalah politik pada masanya.

C. Isi

  1. Sinopsis

Gulliver adalah seorang laki-laki cerdas yang gemar melakukan perjalanan, sehingga ia memutuskan untuk menjadi seorang dokter kapal. Selama hidupnya ia telah melakukan banyak perjalanan melintasi lautan. Sampai suatu ketika ia bosan dan pindah k daerah lain bersama istri dan anaknya berharap akan mendapatkan bisnis yang baik. Namun ternyata di daerah barunya pekerjaan sangat sedikit, sehingga ia terpaksa menerima tawaran dari kapten kapal untuk kembali melakukan perjalanan.

Namun, ditengah perjalanan kapal yang ditumpangi Gulliver dihantam oleh badai besar sehingga membuat Gulliver terdampar di pulau yang tidak ia ketahui sebelumnya dan ia tak sadarkan diri. Ketika Gulliver mulai sadar, ia merasa bahwa ia terikat dengan tali kencang, dan ternyata ia ditawan oleh sekelompok liliput dalam jumlah banyak. Dari situlah ia tahu bahwa ia telah berada di negeri liliput. Sejak saat itulah ia mengalami pengalaman di negeri tersebut. Sampai pada akhirnya ketika Gulliver berhasil menciptakan perdamaian antara negeri liliput dan negeri tetangga  dan ia meminta kebebasan, rajapun mengabulkan.

Setelah ia sampai kembali ke rumahnya, ia memutuskan untuk kembali lagi berlayar dengan kapal pedagang Adventure yang dikepalai oleh Kapten John Nicholas. Namun ternyata, perjalanannya kali inipun membuatnya ia tersesat kembali. Tetapi kali ini ia bukan tersesat di negeri liliput melainkan di negeri brobdingnag yaitu negeri raksasa. Di negeri ini, Gulliver harus mengalami penderitaan karena ia terus dijadikan bahan tontonan oleh seorang bapak untuk mendapatkan uang. Untung saja ada anak dari bapak tersebut, gadis kecil yang sangat menyayanginya dan begitu menjaganya. Guliver telah mengalami banyak kejadian di negeri raksasa ini, ia sudah bertahun-tahun di negeri tersebut dan ia sudah sangat merindukan keluarganya di Inggris. Sampai pada suatu ketika ia berhasil lepas dengan cara yang tidak biasa. Saat itu ia dan gadis kecil yang bernama Glumdalclitch sedang menemani raja dan ratu melakukan perjalanan.

Pada perjalanan tersebut, mereka memerlukan waktu yang lama dan membuat Glumdalclitch dan Gulliver sakit. Keadaan itulah yang dimanfaatkan oleh Gulliver, ia berusaha terlihat lebih sakit dari kenyataannya dan ia meminta berjalan-jalan ke laut. Akhirnya salah seorang pelayan muda yang terkadang juga merawat Gulliver diperintahkan untuk membawanya berjalan-jalan ke laut. Tetapi nampaknya Glumdalclitch tidak senang dengan ide tersebut, ia sampai menangis ketika Gulliver melambaikan tangan, ia seolah tahu bahwa itulah saat terakhir ia akan melihat Gulliver. Saat berjalan-jalan Gulliver merasa terlepas dari pengawasan sang pelayan dan sampai akhirnya ia ditemukan oleh kapal asal Inggris dan segera ditolong.

2. Keunggulan buku

Buku ini sangat nyaman dibaca dan membawa kita si pembaca seperti ikut dalam petualangan Gulliver. Kejadian-kejadian digambarkan sangat jelas dan dengan bahasa yang tidak rumit. Selain itu, ketika membaca buku ini kita seperti sedang membaca buku harian karena Swift menuliskan dengan jelas waktu kejadian tersebut.

3. Kelemahan buku

Menurut saya, buku tidak nyaris tidak ada kelemahannya. Namun, alangkah lebih baiknya jika buku ini disertai dengan gambar ilustrasi agar kejadian semakin tergambar dalam benak pembaca.

D. Penutup

Buku fiksi tentang perjalanan Gulliver ini sangatlah menarik untuk dibaca. Bahasa yang tidak rumitpun membuat pembaca mudah memahami alur cerita dan membuat setiap kejadian dalam cerita tergambar dalam benak kita. Alangkah baiknya pembca buku ini membca dengan fokus agar kejadian dan pengalaman Gulliver semakin tergambar.

klik link-link di bawah ini untuk mendapat resensi lainnya:

aisyah

ajrin

amadea

andari

Tinggalkan komentar